INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Cara Efektif Menghafal Kosa Kata Gres Bahasa Arab

Menghafal kosa kata  merupkan tahap dasar dalam proses mempeajari bahasa. A. Shohib Khoironi dalam bukunya “Al Arobiyah Li Ghoiril Arab; Metode Mustaqilli” menyebutkan bahwa kesusuksesan proses mencar ilmu bahasa Arab ditunjang oleh 3 komponen penting . Dan kosa kata mempunyai andil yang cukup besar dengan persentase mencapai 35% disusul Kaidah (nahwu dan shorf) 35% dan Pembiasaan 30%.
Berikut beberapa tips menghafal kosa kata gres bahasa Arab yang akan membantu anda dalam proses percepatan  menguasai bahasa Arab.



Gunakan Buku Saku

Tulislah beberapa kosa kata pada buku saku. Anda dapat menyalinnya dari kamus atau sumber lainnya. Usahakan anda konsisten dengan jumlah tertentu. Misal dalam sehari anda sasaran lima kosa kata yang terdiri dari dua kata kerja dan tiga kata benda. 

Menempel Poster/ Daftar Kosa Kata

Tempelkan poster atau daftar kosa kata dengan ukuran yang cukup besar di tempat-tempat yang strategis. Daftar kosa kata dapat anda sesuaikan dengan tempatnya. Atau bila anda mau, anda juga dapat menempelkan potongan kertas yang anda tulisi kosa kata kemudian direkatkan di barang-barang yang ingin anda hafal.

Perkuat Hafalan dengan Contoh Kalimat

Cobalah pribadi mempraktikan kosa kata gres anda dengan cara menciptakan kalimat dan tunjukkanlah kepada guru atau orang yang anda anggap bisa. Anda juka dapat mencari pola penggunaan kata tersebut di kamus atau teks-teks bahasa arab. Hal ini lazim anda lakukan supaya anda terhindar dari kesalahan dalam penggunaannya kelak.

Perbanyak menghafal sinonim

Sebagian kita mungkin lebih banyak yang menghafal kosa kata dengan terjemahnya dalam bahasa Indonesia bukan ?
Tapi sesungguhnya menghafal kosa yang paling efektif yaitu dengan cara menghafalkan sinonim atau antonimnya. Sedangkan ma’nanya dalam bahasa indonesia cukup kita cerna saja. Ha ini sangat menguntungkan untuk memperbanyak perbendaharaan kosa kata kita.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel