INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Tips Mencegah Masakan Cepat Basi


Ciri-ciri kuliner kedaluwarsa sanggup kita rasakan melalui bau, tampilan, rasa, dan karakteristik. Makanan kedaluwarsa biasanya berbau apak atau tidak enak, dengan tampilan berlendir atau tumbuh jamur. Rasa kuliner pun sudah bermetamorfosis asam/kecut. Untuk produk yang di jual di supermarket, kita sanggup mengetahui karakteristiknya melalui tanggal kadaluwarsa. Pilihlah kuliner yang tanggal kadaluarsanya masih lama.
Berikut beberapa tips semoga kuliner tidak cepat kedaluwarsa :
  1. Sebelum memasak makanan, pastikan tangan higienis setiap kali hendak memegang makanan. Jika perlu gunakan handglove sehingga tangan tidak menyentuh eksklusif pada makanan. Salah satu bab badan yang banyak mengandung kuman yaitu tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali final menyentuh materi kuliner mentah, ke toilet, atau sehabis membersihkan sampah.
  2. Jagalah alat masak dan lingkungan memasak dengan baik sehingga bersih. Cucilah dengan baik pisau, telenan, cobek, dll dengan baik. Jika ingin lebih steril, sanggup direndam dalam air panas sebelumnya. Jangan gunakan lap yang sudah kotor berkali-kali untuk mengelap makanan. Perhatikan busa pembersih piring, bila sudah terlalu usang digunakan maka akan tumbuh kuman dan jamur pada busa tersebut.
  3. Jangan gunakan jari atau telapak tangan untuk merasakan makanan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dahulu alasannya yaitu kuliner sanggup tercemar lewat ludah kita yang melekat di sendok. Jika ingin lebih aman, gunakan dua sendok, satu untuk mengambil kuliner dari panci/wajan, satu untuk mencicip makanan.
  4. Agar kuliner tahan lama, kita sanggup memasukkan kuliner ke kulkas. Saat hendak dimakan, kuliner sanggup dihangatkan. Pada suhu dingin, kuman dan jamur tidak sanggup berkembang dengan baik.
  5. Jika kita memasak nasi, pada ketika memasak memakai rice cooker, sehabis beras menjadi nasi maka cabut listiknya kemudian aduk-aduk nasi biar tidak memadat. Hilangkan uap nasi, kemudian tutup kembali. Hal ini berfungsi semoga uap air tidak jatuh ke nasi. Beberapa waktu kemudian kita sanggup menyalakan kembali listrinya.
  6. Jika kita membeli materi kuliner daging, segera basuh higienis materi kuliner sebelum dimasukkan freezer, kemudian tiriskan, dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup (dapat memakai plastik wrapping). Daging, ayam, atau ikan yg sudah dicuci higienis sanggup dilumuri dengan garam dan merica semoga lebih awet.
Ada beberapa materi kuliner yang cepat menciptakan kuliner menjadi basi, diantaranya yaitu :
  1. Dairy product
    Susu, keju, whip cream, es krim dan produk susu lainnya yaitu bahan-bahan yang gampang rusak. Dalam keadaan mentah, susu dan materi yang mengandung susu harus disimpan di suhu cuek dan dihentikan disimpan terlalu lama. Setidaknya 2 hari sehabis dibuka, produk susu harus dihabiskan. Aturan ini berlaku juga untuk kue-kue dan kuliner yang memakai susu, keju, whip cream dan produk susu lainnya.
  2. Seafood
    Bahan kuliner mentah yang paling cepat kedaluwarsa di suhu ruangan yaitu kuliner bahari (seafood). Termasuk di dalamnya yaitu segala jenis ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, tiram, rumput bahari segar, dan sebagainya. Jika tidak hendak segera dimasak, seafood harus segera disimpan dengan bongkahan es, atau diletakkan di dalam freezer.
  3. Daging mentah
    Daging mengandung protein yang tinggi pula ibarat halnya seafood, sehingga gampang busuk. Ketika sudah jadi olahan dalam kuliner ringan anggun atau masakan pun, Anda dihentikan lupa meletakkannya di dalam kulkas bila akan disimpan untuk keesokan harinya. Selain itu, Anda juga harus rutin memanaskannya kembali untuk mencegah kontaminasi bakteri.
  4. Telur
    Telur mentah bercangkang utuh sanggup bertahan beberapa hari dalam suhu ruangan, dan bertahan jauh lebih usang bila kita simpan di dalam kulkas. Namun bila sudah matang, telur hanya sanggup bertahan satu malam di suhu ruang. Jadi, hati-hati dengan kuliner atau materi olahan yang mengandung telur, alasannya yaitu itu berarti Anda harus menyimpannya di dalam kulkas.
  5. Makanan Bersantan
    Makanan bersantan gampang menjadi basi. Untuk mencegahnya, ketika menciptakan santan, kelapa harus dikupas dulu kulit arinya kemudian kerik hingga rata bab dalamnya kemudian gunakanlah air hangat matang (jangan yang dingin) ketika memeras.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel