INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Sejarah Teh Botol Sosro

Kesegaran, rasa serta higienitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas. SOSRO merupakan penggagas produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO.
Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil berjulukan Slawi di Jawa Tengah. Pada ketika memulai bisnisnya, produk yang dijual yakni teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana kawasan penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat populer di kawasan Jawa Tengah.

Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melaksanakan seni administrasi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota Jakarta. Awalnya, tiba ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh eksklusif di tempat. Setelah seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil lantaran teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau usang sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.

Cara kedua, teh tidak lagi diseduh eksklusif di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan memakai kendaraan beroda empat kolam terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil lantaran teh yang dibawa, sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Hal ini disebabkan pada ketika tersebut jalanan di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.

Akhirnya muncul wangsit untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor, dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung lantaran selain mudah juga dapat eksklusif dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak menyerupai cara sebelumnya.

Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.
Model botol untuk kemasan Tehbotol Sosro mengalami tiga kali perubahan yakni :


1. Botol Versi I
Dikeluarkan pada tahun 1970 dengan merek TEHCAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO

2. Botol Versi II
Dikeluarkan pada tahun 1972 dengan merek TEH CAP BOTOL (dengan penulisan ”CAP” lebih kecil, sehingga orang lebih membaca TEH BOTOL), selain itu Penulisan Soft Drink dihilangkan, dan goresan pena TEH BOTOL diganti dengan warna merah putih yang menggambarkan produk orisinil Indonesia. Penulisan Sosrodjojo juga disingkat menjadi SOSRO dalam logo lingkaran merah.

3. Botol Versi III
Pada tahun 1974, terjadi perubahan design botol yang ke-III. Design botolnya tidak menyerupai botol versi I & II. Dengan bentuk botol yang gres dan perubahan pada penulisan brand TEHBOTOL SOSRO pada kemasannya. Design botol ke-III ini diperkenalkan seiring dengan didirikannya pabrik PT. SINAR SOSRO yang pertama di kawasan Cakung, Jakarta.

Kisah sukses Teh Botol sosro
Secara perlahan dengan promosi yang tepat, Teh Sosro mulai mengatakan dongeng suksesnya. Masyarakat mulai merasa mendapat manfaat berupa praktis, yummy dan dingin. Sekarang minum teh pakai botol bukanlah hal yang tabu lagi.



Dan tahukah Anda, bahkan para perusahaan minuman ringan kelas berat menyerupai coca cola tidak sukses merebut hati masyarakat indonesia dalam hal teh botol. Sekarang sosro menjadi bisnis buatan dalam negeri yang sangat membanggakan.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel