INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Banyak anggapan yang menyampaikan bahwa tidur dengan lampu padam jauh lebih nyenyak. Namun ternyata lebih dari itu, tidur dengan lampu mati sangat baik buat kesehatan badan dan bisa mencegah beberapa penyakit serius menyerupai kanker payudara dan kanker prostat.

Tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh. Ahli biologi Joan Robert menyampaikan badan gres bisa memproduksi hormon melatonin saat tidak ada cahaya. Hormon ini yakni salah satu hormon kekebalan badan yang bisa memerangi dan mencegah banyak sekali penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul kalau orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar menciptakan produksi hormon melatonin akan berhenti. Dengan mematikan lampu saat tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Praktisi kesehatan lainnya, Lynne Eldridge M.D yang juga penulis buku 'Avoiding Cancer One Day At A Time' juga menuliskan wanita buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata wanita lain. Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya sebab penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan badan yang lebih tinggi.

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan saat cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu verbal hiperbola dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Para ilmuwan mengklaim kalau seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa mengakibatkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terperinci dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menyampaikan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

"Orang-orang yang berdiri di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Kami percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan mempunyai imbas pada jam biologis tubuh, sebab ini yakni prosedur yang sensitif," ujar Dr Rachel Ben-Sclomo dari University of Haifa, menyerupai dikutip detikhealth.

Dr Rachel menambahkan bahwa ini yakni temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun sekarang dia dan tim tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail. Hasil ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics. Jadi, masih ingin tidur dengan lampu menyala?

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel